Monday, May 23, 2011

Error Correction

- - Automatic Repeat Request (ARQ) :Sistem komunikasi radio gelombang milimeter dengan frekuensi di atas 10 GHz sangat dipengaruhi oleh redaman hujan.Redaman hujan menurunkan kehandalan kanal sehingga terjadi banyak kesalahan dalam proses transmisi. Oleh karena itu, pada aplikasi sistem komunikasi radio gelombang milimeter di negara dengan pengaruh redaman hujan yang tinggi diperlukan teknik mitigasi redaman hujan. Pada penelitian ini dibahas salah satu teknik mitigasi redaman hujan, yaitu Automatic Repeat Request (ARQ) Adaptif. ARQ Adaptif yang dipergunakan adalah Go-Back N dengan Cyclic Redundancy Check รข€“ 32 (CRC-32) sebagai kode pendeteksi kesalahan. Parameter kehandalan ARQ Adaptif dimana merupakan efisiensi dalam persen dan waktu rata-rata transmisi dalam detik.

- - Forward Error Correction (FEC) : Berguna utk transmisi satelit .Transmisi satu arah (retransmisi tidak dimungkinkan).Waktu transmisi sangat panjang (retransmisi akan memakan waktu lama). Biaya FEC tdk signifikan (dibandingkan biaya total peralatan)

- - Hybrid Automatic Repeat Request (HARQ ) : HARQ untuk retransmisi karena kemampuannya mengirim kembali dengan cepat. HARQ diimplementasikan pada layer MAC (Medium Access Control) sebagai pengganti layer RLC (Radio Link Control) yang banyak digunakan untuk protokol transmisi data yang lain sebagai contoh High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah suatu teknologi terbaru dalam sistem telekomunikasi bergerak yang dikeluarkan oleh 3GPP Release 5 dan merupakan teknologi generasi 3,5 (3,5G).

- - Repetition codes adalah (r, 1) coding skema yang mengulangi bit di saluran komunikasi untuk mencapai bebas kesalahan (r adalah jumlah bit dalam codeword masing-masing untuk setiap bit data yang akan dikodekan). Daya tarik utama dari kode pengulangan adalah kemudahan implementasi.

- - Checksum adalah sebuah bentuk mekanisme untuk meyakinkan anda bahwa file yang telah kita unduh memang telah berhasil diunduh. Cara kerja Checksum sama seperti “fingerprint” file, jadi jika file rusak fingerprint akan mengubah dan memberitahu bahwa file tersebut tidak sama.

- - CRC (Cyclic Redundancy Check) adalah algoritma untuk memastikan integritas data dan mengecek kesalahan pada suatu data yang akan ditransmisikan atau disimpan.

- - Cryptographic hash functions adalah prosedur deterministik yang mengambil sebuah blok sewenang-wenang dari data dan mengembalikan ukuran tetap bit string,) Nilai hash kriptografi (, seperti yang disengaja atau disengaja untuk mengubah data akan merubah nilai hash. The data to be encoded is often called the "message," and the hash value is sometimes called the message digest or simply digest. Data yang akan dikodekan sering disebut "pesan," dan nilai hash kadang-kadang disebut pesan digest atau hanya mencerna.

- - Error-correcting codes adalah teknik yang memungkinkan pengiriman yang dapat diandalkan data digital lebih dapat diandalkan saluran komunikasi dengan demikian kesalahan mungkin diperkenalkan selama transmisi dari sumber ke penerima. Teknik deteksi Error memungkinkan mendeteksi kesalahan tersebut, sedangkan koreksi kesalahan memungkinkan rekonstruksi data asli.

- X X 1 X 0 1 0

a1 = a3 + a5 + a7 a1 = 1 + 0 + 0 = 1

a2 = a3 + a6 + a7 a2 = 1 + 1 + 0 = 0

a4 = a5 + a6 + a7 a3 = 0 + 1 + 0 = 1

X=a1;X=a2;1=a3;X=a4;X=a5;X=a6;X=a7 Jadi bentuk data transmisi:1011010

- X X 0 X 0 0 1

a1 = a3 + a5 + a7 a1 = 0 + 0 + 1 = 1

a2 = a3 + a6 + a7 a2 = 0 + 0 + 1 = 1

a4 = a5 + a6 + a7 a3 = 0 + 0 + 1 = 1

X=a1;X=a2;1=a3;X=a4;X=a5;X=a6;X= Jadi bentuk data transmisi:1101001


No comments: